KENDALI - Part 1: Siapa yang Pegang Kemudi?


Beberapa hari yang lalu, gue balik ngantor naik Transjakarta. Waktu itu lagi hektik banget di kantor, jadwal padet, banyak deadline, banyak rapat, jadi rasanya energi sisaan cuma bertahan buat otewe pulang.

Nah, buat yang relate dengan aktivitas 'naik TJ', pasti ngerti lah ya rasanya terguncang sesekali di dalam bus. Namanya juga transportasi darat yekan, pasti ada aja jegluk-jegluknya (apa coba 😅).

Saat itu gue duduk di area penumpang umum, atau yang selain Area Khusus Wanita, karena tempat duduknya ngadep depan, bukan nyamping. Gue lagi pengen tidur banget, jadi butuh duduk deket jendela biar bisa senderin kepala.

Di tengah perjalanan, gue sempet cemas karena guncangannya si TJ lumayan agak ganggu. Sebenarnya seperti yang gue mention di atas lah ya, naik TJ itu udah pasti siap dengan guncangan-guncangan yang ada. Cuman mungkin waktu itu kondisi gue lagi lelah banget, jadi yang ada malah insekyur.

"Ini kenapa ya sama busnya? Gak ada kendala teknis kan? Apa jangan-jangan pak drivernya ngantuk ya?" Pokoknya gitu-gitu deh kecemasan-kecemasan yang muncul di otak.

Sampe akhirnya...ya gak terjadi apa-apa. Gue sampe ke halte tujuan dengan selamat.

---

Kecemasan serupa terjadi banget di momen gue naik pesawat terbang untuk pertama kalinya. To be honest, gue baru ngerasain yang namanya naik pesawat terbang itu bulan Maret 2024 yang lalu, di usia gue yang udah 30 tahun.

Plis gausah tanya kenapa kok bisa, bisa meleber kemana-mana ntar tulisan gue yang ini 😅😂

Sepertinya memang menjadi hal yang wajar banget yah orang takut pertama kali naik pesawat. Jujuuur, jujur banget inimah, degdegan gue gak karuan setelah ngelewatin security check, daaan makin gak karuan pas jalan nelusurin garbarata dan kemudian masuk ke pesawat. Fyi, gue terbang itu dalam rangka kerjaan kantor di Surabaya, dan gue berangkat bareng tim. Karena anaknya cukup jago jaga ekspresi—meski hati dagdigdug ga karuan, pikiran overthinking—saat itu gue pasang muka poker face aja biar gak ada yang ngeh kalo gue lagi ketakutan.

Bukannya biar keliatan sok-sok kuat. Saat itu gue mikirnya: kalo gue terlihat cemas, gue khawatir orang-orang kantor akan ngerasa gimanaaa gitu, dan gue lebih ke ingin terlihat profesional aja; since penerbangan ini tujuannya untuk pekerjaan kan.

Pas udah duduk, gue cuman liatiiin aja itu safety belt.

Ga biasa kan.

Biasa naik TJ, KRL, MRT, ga pake safety belt, tetiba ini kudu pake.
Perasaan gue kek mo naek Halilintar Dufan tau ga lo.

Dah, setelah gue pake, gue baca-baca dah tuh buku panduan keselamatan.
Makin degdegan kan hambaaa.
Oke, coba inhale-exhale aja biar lebih tenang, dan mencoba mengingatkan diri bahwa pengalaman terbang ini sepertinya bakalan lebih banyak hepinya dibanding takutnya.

Akhirnya jalan lah ya si pesawat.
Rodanya masih nempel nih di permukaan tanah.
Gue pantengin mbak-mbak pramugari lagi peragain SOP keselamatan selama mengudara.

Terus...

WHOOOSSSSS~~~
Titik takut tertinggi gue saat itu adalah momen-momen take off. Karna tiba-tiba makin kenceng kan jalannya si pesawat...
Pas dia naik pelan-pelan, gue cuma bisa merem, berdoa, tapi dikit-dikit ngintip ke jendela. Penasaran kek apa sih keliatannya di luar kalo lagi terbang (oh iya gue milih seatingnya yang window memang. Rada aneh sih memang si perempuan ini. Satu sisi dia sebenarnya ketakutan, tapi kadang rasa penasarannya lebih gede, dan itu yang—somehow—bikin dia berani kemudian).

Pas pesawat udah stabil di atas, hepinya bukan maen.
Sumringaaaaah aja sepanjang ngeliatin awan-awan, ngeliatin ke bawah yang tampilannya udah mirip atlas skala sekian banding sekian.
Sambil sesekali bilang: "Asli, Tuhan keren banget nyiptain dunia yang kayak gini!! Gokiiill keren banget awan-awan ini, ya Tuhaaan cakep bangeeet!!". Dalam hati.

Kemudian ketemulah sama turbulence. Sama kayak cerita gue naik TJ tadi, kecemasan yang sama juga muncul di sini pas pesawat rada goyang dumang.

"Ini emang kayak gini ya? Beneran kayak gini atau lagi ada apa sih sama mesinnya?" 

Ketakutan gue bahkan sampai meragukan pilot dan co-pilot yang saat itu lagi bertugas.

Berusaha tenang dan kembali mencoba berpikir positif dan menikmati perjalanan, akhirnya gue coba merenungkan sesuatu di dalam percakapan dengan diri sendiri:

"Mei, pilot itu udah belajar dulu cara nerbangin pesawat. Mereka jauh lebih tau ketimbang lu. Kalaupun sesuatu yang, amit-amit, buruk terjadi, mereka juga udah belajar mitigasinya gimana. Tenanglah, nikmati pemandangan bagus ini. Sayang kalo banyak takutnya, perjalanannya jadi gak dinikmati."

---

"Sayang kalo banyak takutnya, perjalanannya jadi gak dinikmati..."

Upaya menguatkan diri supaya gak khawatir juga gue lakukan di malam ketika pulang ngantor naik TJ itu.
Seringkali, gue lebih fokus pada hal-hal yang bikin gak nyaman, terus jadi muncul kekhawatiran, ketakutan, sehingga seluruh perjalanan isinya cuma insecure.

Padahal, kalo mau coba untuk sedikit lebih tenang, belajar untuk kasih kepercayaan ke pengemudi di depan sana yang sedang bertugas, setidaknya perjalanan itu gak lagi dikuasai sama ketakutan.

Dari 2 pengalaman perjalanan itu gue merenung gitu ya: dalam hidup gue sering banget kek gitu. Sering banget lebih fokus ke apa yang lagi gue takutkan atau khawatirkan, dan lupa fokus untuk percaya pada Siapa yang sebenarnya memegang kendali penuh atas hidup ini.

Perjalanan terbang gue untuk yang pertama kalinya kemarin berjalan dengan sangat baik. Aman terkendali. Mendarat dengan sempurna. Apa yang gue khawatirkan gak terjadi.

Gue jadi belajar gitu ya, selama ini ternyata dalam 1 hari 24 jam itu bisa ada beberapa momen di mana gue bisa nangis sendiri kalo keinget hal yang bikin gue sedih atau marah.
Tiba-tiba takut sendiri.
Tiba-tiba insecure.
Tiba-tiba ngerasa diri ini gak layak banget untuk hidup di dunia ini.
Semua dikendalikan oleh rasa takut dan khawatir, sampe skip bahwa Tuhan udah anugerahkan hal-hal di momen-momen 24/7 untuk dinikmati.

Anggaplah ini terlihat cocoklogi, tapi gue cuma mau sharing aja bahwa: punya hati yang percaya itu ternyata butuh latihan. Punya hati yang percaya itu juga butuh ketenangan.

Dari pengalaman mengendalikan diri terhadap rasa takut dan khawatir yang kerap kali datang, gue belajar—dan akan terus belajar—untuk live in the moment, menikmati apa yang sedang gue lihat, rasakan, dengar, hirup, sentuh, di momen ini, kini, di sini. Being here and now.

Dari situ akan terasa bahwa berserah ternyata punya makna yang lebih menenangkan, bukan bikin kita ngerasa kalah. Berserah, karena ada Pengemudi hidup yang setia dan gak kemana-mana.

(P.S.: mungkin cerita gue bakal gak relate sama klean-klean yang ngendarain motor atau mobil sendiri, wkwkw! 😆 Gapapa lah ya, namanya juga kisah pribadi. Gak perlu relate ke semua orang 😊)

Have a blessed day ahead! ☀️

Comments

Post a Comment

Thank you for your comment! :D

Popular posts from this blog

다 괜찮아, 나야

A Deep Grief, A Great Bless (part 2)

Lagi, Curcolan Random Habis Baca E-mail Siang Ini

Cie, Doanya Dijawab...

Tetap Melakukan Bagianku -- Sebuah Pilihan dan Komitmen Natal 2020

Merenungkan Perjalanan 7 Tahun Berkarir Sebelum Memasuki Usia 30

A Message For 2023