LONG WEEKEND-HOLIDAY: Sederhana Itu Bahagia

Photo by JJ Ying on Unsplash

Kamis, 5 Mei 2016...

Kalo liat Google Maps atau Waze hari Rabu kemarin, niscaya kita akan melihat banyak garis merah bak pembuluh darah. Dua tanggal merah yang jatuh di hari Kamis dan Jumat minggu ini memang jadi kesempatan berlibur buat orang-orang karena jumlah hari liburnya yang terbilang banyak. Gak heran kalo banyak orang dari Jakarta yang bela-belain pulang cepet dari tempat kerja dan langsung cus berangkat bareng keluarganya ke luar kota. Gak heran juga di hari Rabu malam kemarin hampir semua jalanan di Jakarta macet parah.

Holiday sih holiday… tapi ya saya mah apa atuh yang liburannya ngga ada planning apa-apa 😂😂😂

Jujur saya bukan tipe orang yang ngebet banget harus pergi kemana-mana kalo lagi libur panjang kayak gini. Antara mager harus ikut-ikutan macet, ngga punya kendaraan pribadi, sama keuangan terbatas. 😂 Maka dari itu, saya memutuskan untuk menggunakan hari libur ini secara random, artinya liburan yang ngga direncanain gitu deh. Biar ngga baper dan kecewa juga kalo tiba-tiba ada rencana liburan yang batal karna satu dan lain hal.

…and it worked!

Hari ini saya sangat bersyukur sama TUHAN karena bisa nikmatin liburan yang apa-adanya-tapi-tetap-menyenangkan-tanpa-harus-keluar-dana-banyak. Saya akan nge-list kegiatan-kegiatan apa aja yang saya lakukan di hari libur ini tanpa mengeluarkan budget yang super banyak. Check this out:

-----

1. #JANGANLUPAIBADAH DI TANGGAL MERAH

Photo by Austin Ban on Unsplash

Tanggal merah yang jatuh di hari Kamis dan Jumat minggu ini memang diperingati sebagai hari libur keagamaan bagi umat Kristiani dan Muslim. Nah, walaupun judulnya “libur”, buat yang Kristiani jangan lupa ke gereja lah ya. Gak ada artinya kalo di hari libur keagamaan malah ngga merayakan atau ngga memperingati hari keagamaan tersebut. Begitu juga dengan kawan-kawan yang Muslim di hari Jumat besok.

As for me, karena saya seorang Kristiani, saya mengawali kegiatan hari ini dengan pergi ke gereja. Bagi saya sih melakukan ibadah itu bukan sekadar melakukan rutinitas belaka atau kewajiban belaka, tapi ibadah itu merupakan momen dan kesempatan buat saya mencari ketenangan dan kedamaian di dalam TUHAN. So, bagi kawan-kawan yang memperingati hari keagamaan dan di hari itu libur, tetep #janganlupaibadah di tanggal merah itu, ya! 😊


2. EKSPLORASI BAKAT DAN MINAT YANG DIMILIKI


Photo by Elijah M. Henderson on Unsplash

Kebetulan saya adalah orang yang suka banget main piano. Singkat cerita, habis ibadah pagi tadi saya masih nunggu mobil elf jemputan untuk mama dan teman-teman gerejanya sama adek saya yang pada mau berangkat ke Jogja (mereka bahkan liburannya ke Jogja! 😂). Daripada bego nungguin waktu senggang ngga ngapa-ngapain, saya memutuskan untuk nyari kunci/chord lagu “Cinta Sudah Lewat” yang dipopulerkan oleh Kahitna. Puji TUHAN, piano Clavinova punya gereja selalu available dan boleh dipake kapan aja. Alhasil, saya berhasil memainkan lagu tersebut walaupun masih ada beberapa kunci yang belum ketemu.

Intinya, buat kalian yang bisa main musik, atau punya bakat dan minat di bidang lain, coba dilakukan aja di waktu senggang liburan kayak gini. Siapa tau malah dapet ilmu baru, hal baru, atau bahkan inspirasi baru.


3. CHIT-CHAT BARENG TEMEN-TEMEN YANG UDAH JARANG KETEMU


Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Setelah mobil elf jemputan dateng, saya sama ayah langsung nyusun rencana: 'Abis ini kita mau kemana?'. Sebenarnya saya belum punya planning, tapi saya inget ada temen yang ngajakin ketemuan di kosannya daerah Tebet. Akhirnya saya dan ayah pun segera meluncur ke Tebet.

Serunya ketemu temen-temen lama adalah karena kita bisa bagi-bagi cerita yang belum pernah mereka denger sebelumnya FACE TO FACE. Beda loh sensasinya cerita lewat dunia maya sama kalo cerita langsung ketemu muka. Nah, buat kalian yang punya temen-temen SD, SMP, SMA, atau temen kampus yang udah lama gak ketemu, dan posisi mereka juga masih reachable, mending ketemuan deh. Bisa sekalian reunian kan. Kalo gak mau keluar budget banyak, simply ketemuan di kosan atau rumah seseorang (yaa kalo mau minjem rumah tetangga sih boleh aja, asal jangan lupa ijin dulu), tapi kalo pengen sambil makan-makan atau cuci mata ke mal atau sambil ngapain yang pasti perlu dana lebih, you have to make your ‘budget-plan’. Biar ngga kebablasan dan nangis belakangan akibat dompet menipis tiba-tiba 😂


4. EAT WHAT YOU WANT TO EAT!


image
Richeese Factory Blok M Plaza

Pada dasarnya sih saya memang suka makan. Turns out ketika selesai ketemuan sama temen-temen (yang cuma sebentar itu karena saya gak enak ditungguin ayah lama-lama) tiba-tiba saya pengen makan di Richeese Factory. Entah apa yang dirasa tapi lagi pengen aja, dan memang lapar sih 😂 Akhirnya saya minta ayah nemenin ke Blok M untuk makan di Richeese Factory.

image



image

Prinsip saya sebenarnya gini: liburan sih liburan, mau hemat sih ya hemat, tapi perut jangan sampe disiksa juga. Walaupun mau hemat, yang namanya makan ya makan aja 😁 Mungkin kalo soal makan bakal tergantung selera, dana, sama gaya hidup kali ya. Buat kalian yang lagi diet ketat pasti gak akan milih Richeese Factory sebagai pilihan tempat makan 😂. Buat kalian yang lebih suka makan nasi goreng tek-tek pasti akan nyari warung tenda di pinggiran jalan yang strategis. Intinya, you know what's your food-desire, then JUST EAT. Keep calm, and stay away from starving 😎

Btw maaf OOT. Di Blok M, kami ngelewatin salah satu toko sepatu yang lagi ngadain promo. Saya heran sama promonya yang ditulis kayak gini:

'BELI 1 GRATIS 1'

Terus saya ngomong ke ayah begini:

"Pa, itu tulisannya beli satu gratis satu. Ngerti gak maksudnya apa?”

“Emang apaan?”

“Beli yang kiri gratis yang kanan tau.”

BHAY.


5. TRY USING PUBLIC TRANSPORTATION AS MUCH AS POSSIBLE

Photo by Jad Limcaco on Unsplash

Sebenernya saya itu anak yang cukup manja. Serius. Keinginan akan zona nyaman itu besar banget. Kalo boleh milih, saya lebih milih naik transportasi daring daripada harus naik angkot yang lama dan panas. Nah, cuma disini saya belajar satu hal: hidup itu ngga selamanya harus enak terus. Ada kalanya kita memang harus berjuang bahkan untuk mencapai rumah sekalipun.

Setelah kenyang makan di Richeese Factory, kami pulang naik Transjakarta. Puji TUHAN banget dapet duduk sehingga kami bisa tidur dulu sepanjang perjalanan Blok M-Harmoni. Sesampainya di Harmoni, kami masih harus naik Transjakarta lagi yang jurusan Lebak Bulus (Koridor 8). Kali ini, puji TUHAN, berdiri. Gakpapa lah. Berdiri sama duduk sama aja. Lagipula di Transjakarta sebelumnya kan kami udah tidur pulas 😴

Nah, buat kalian yang mau hemat kalo lagi jalan-jalan, coba deh rajin-rajin naik kendaraan umum. Pengeluarannya jadi lumayan lebih murah kok dibanding naik transportasi daring (ini kasus khusus kawan-kawan yang ngga punya kendaraan pribadi). Lagipula, siapa tau bisa ketemu jodoh di kendaraan umum 😜

-----

Itu dia kisah perjalanan saya hari ini. Kita memang ngga akan pernah tau apa yang bakal terjadi pada hari-hari yang kita jalani di masa depan, tapi satu hal yang pasti bahwa sebenarnya segala peristiwa yang kita alami tiap hari bakal SELALU jadi indah kalau hati sudah sukacita sejak pagi 🌞

Sampai jumpa di liburan berikutnya! 💗

Comments

Popular posts from this blog

Enggak Mau Main Piano Lagi Selamanya

MUSIM(an) -- Sebuah perspektif dari cewek yang doyan makan

Suasana Hati Seperti Langit: Mendung

"Rejection" vs "Reflection" - Belajar Dari Lagu MULAN

Gapapa, Meistaaa, gapapaaa

Tantrum: Si Paling Bikin Kenyang dan Menguras Energi

Hanya Bisa Tersenyum Miris