GFRIEND COMEBACK 2018: Time For The Moon Night


Ini adalah postingan pertama saya tentang K-Pop, khususnya tentang salah satu girlband asal Korea Selatan yang lagi naik daun saat ini: GFRIEND (여자친구 - girlfriend). Saya inget banget pertama kali suka sama mereka hanya gara-gara nonton dance practice lagu Rough (시간을 달려서). Waktu itu saya lagi rada insomnia, terus biar ngantuk saya iseng nonton video-video yang ada di hape adik saya, Nanda (saat itu hape saya kebetulan lagi di-charge 😂). Nemu deh si video dance practice ini:

'Rough' Dance Practice

Bukan cuma video dance practice, tapi saya juga nonton video klipnya. Nah, kombinasi antara menonton video dance practice dengan menonton video klip lagu Rough ternyata berhasil bikin saya penasaran: siapa sih GFRIEND ini? Kok tembem-tembem amat yak muka sama kakinya? No offense at all, tapi mengingat sebelumnya saya adalah fangirl dari Girls' Generation (소녀시대 / SNSD), jadi standar saya untuk ngeliat girlband K-Pop pasti harus kurus banget, kayak member SNSD. Kaki mereka sama jari kelingking saya mungkin gedean jari kelingking saya 😂 (lagi-lagi no offense; dan untuk para Buddy, saya mohon maaf, jangan marah dulu, karena pendapat tersebut memang ada di benak saya sebelum jadi Buddy beneran 😂).


'Rough' Music Video

Oh iya! Sama ada satu video lagi yang bikin saya jadinya makin penasaran sama GFRIEND: video viral beberapa member yang jatuh saat perform Me Gustas Tu. Awalnya saya cuma masukkin kata kunci 'GFRIEND' di Youtube. Entah kenapa di search suggestion-nya keluar juga: 'GFRIEND stage accident'. Mungkin saking viralnya. Setelah nonton video viral tersebut saya malah jadi kasian dan respek sama daya juang mereka. Itu pasti sakit banget loh... Gak cuma sakit di lutut atau bagian fisik lainnya, tapi juga pasti sakit hati karena harus malu kepeleset berkali-kali di panggung 😭. Dari titik inilah akhirnya saya makin kepo sama mereka. Girl group pendatang baru yang udah pernah ngalemin kecelakaan panggung tapi tetep mau berjuang untuk bangkit lagi. Tetep aja semangat untuk comeback lagi, bahkan makin oke banget sampe sekarang.


-💜💙💜💙💜💙💜💙💜💙-


SEKILAS TENTANG GFRIEND

GFRIEND / 여자친구 / Yeojachingu / Yeochin
Source: @gfriend_indonesia Instagram account

Setelah saya telusuri di Google dan Youtube, akhirnya saya paham bahwa GFRIEND ternyata girlband pendatang baru (rookie) yang berdiri dibawah naungan manajemen Source Music Entertainment. Mereka debut pada tanggal 16 Januari 2015 dengan hits perdana yang berjudul Glass Bead (유리구슬)'. Anggotanya terdiri dari 6 personil, yaitu:

Sowon / 소원 / 김소정
Source: @gfriendofficial Instagram account

Yerin / 예린 / 정예린
Source: @gfriendofficial Instagram account

Eunha / 은하 / 정은비
Source: @gfriendofficial Instagram account

Yuju / 유주 / 최유나
Source: @gfriendofficial Instagram account

SinB / 신비 / 황은비
Source: @gfriendofficial Instagram account

Umji / 엄지 / 김예원
Source: @gfriendofficial Instagram account


Sampai saat blog ini ditulis dan diposting, GFRIEND sudah merilis 7 mini-album dan 1 full-album:
Mereka punya fandom yang bernama: Buddy (버디). Kalo mau tau seputar aktivitas mereka, segala update, performance, kehidupan pribadi, dan lain-lain, silakan follow, like, dan subscribe segala media sosial mereka disini:
Yang membuat saya tertarik sama GFRIEND bukan (hanya) karena kecantikan mereka. Menurut saya wajah perempuan Korea Selatan memang rata-rata standar cantiknya sama. Apalagi kalo ditambah sentuhan make-up yang profesional, pasti makin menutupi kekurangan pada wajah dan menambah daya tarik serta kelebihan pada penampilan mereka. Saya ngefans sama mereka terutama karena aliran musik yang mereka bawakan. Menurut saya, rata-rata hampir semua aliran musik mereka AGAK SETIPE ('agak' loh ya, hehe) sama musik karya Yovie Widianto--salah satu musisi yang jadi inspirasi saya bermain piano sampai saat ini. Mungkin kalian agak bingung ya nentuin darimana kesamaannya lagu-lagu GFRIEND sama lagu-lagu Kahitna atau Yovie and The Nuno? Tapi yah balik lagi sih yang namanya musik itu tergantung selera, dan bagi saya menikmati musik itu gak cuma sampai di telinga aja, tapi juga sampai ke hati. Inilah kenapa saya langsung suka GFRIEND sejak pertama kali 'kenalan' sama lagu Rough: Easy listening, dance-able, and learn-on-piano-able.

Oh iya, di Indonesia ada satu fanbase resmi khusus GFRIEND juga loh. Namanya: GFRIEND INDONESIA, fanbase pertama dan terbesar di Indonesia. Mereka rajin banget update kehidupannya GFRIEND setiap hari. Jadi lumayan lah kalo mau tau info dikit-dikit seputar kapan jadwal comeback, siapa member yang lagi sakit, atau lagi pada nampil dimana. Monggo difollow Instagramnya di 🠞 @gfriend_indonesia (no paid-promote kok 😂 cuma mau berbagi info ajaaa~)


TIME FOR THE MOON NIGHT 🌙🌟


Official GFRIEND's logo & graphic concept
Source: @gfriendofficial Instagram account

GFRIEND melakukan comeback untuk mini albumnya yang ke-6 pada tanggal 30 April 2018 pukul 18:00 KST, dimana pada jam tersebut juga dirilis Music Video (MV) resmi mereka beserta seluruh video behind the scene melalui akun Youtube GFRIEND Official. Pada pukul 20:00 KST, GFRIEND melakukan showcase stage di acara Moon Express 241 yang disiarkan secara streaming di akun VLIVE GFRIEND (kalo di Indonesia kira-kira tayang jam 18:00 WIB, tapi saya sih udah mantengin VLIVE dari H-1 perform karena mau nyumbang love, hahaha 😁). Lalu sejak hari Kamis 19 April 2018, Buddy Indonesia sudah bisa melakukan pemesanan album "Time For The Moon Night" secara pre-order melalui admin GFRIEND Indonesia.


REVIEW


Video Klip (MV) & Koreografi


'Time For The Moon Night' Music Video

Saya cuma mau bilang: TERHARU! Konsep MV-nya bener-bener bikin sedih. Konsepnya drama, dan pengemasannya BAGUS BANGET! 💓💓💓 Ada adegan Yerin nangis lah, adegan mak Sowon nyium sayang Yerin lah, Yuju pergi ke (semacam) makam batu gitu lah, Umji yang luka-luka di lutut lah, dan beberapa scene lainnya yang nangis-able. Kalo dibandingin sama tangisan mereka di MV Rainbow, mungkin disitu lebih keliatan penyebab sedihnya karena cinta-lawan-jenis. Mungkin.

Nah, yang saya penasaran disini adalah tentang kemungkinan-kemungkinan teori yang muncul. Saya kaget dan sedih juga sih pas baca komentar-komentar Buddy di MV Time For The Moon Night (TFTMN) bahwa ternyata isi ceritanya menyiratkan si Eunha yang 'ninggalin' member GFRIEND untuk selamanya. Well, masuk akal bagi saya sih pas ngeliat bagian awal dan akhir MV. Coba deh perhatiin shot pertama dan shot terakhir yang sebelum shot langit malam. Eunha yang isi dua shot itu, dan sepenangkapan saya memang agak creepy. Awalnya saya gak nangkep hal ini, tapi setelah baca beberapa komentar di Youtube, kayaknya bisa jadi bener sih maknanya. Ada lagi yang bilang teorinya kayak gitu karena Eunha sepanjang video kebanyakan pake baju hitam. Kok sedih ya 😢.

Terlepas dari bagaimanapun teorinya, intinya saya melihat kerja keras tim comeback TFTMN GFRIEND kali ini keren banget. DAEBAK!!! 💓💓💓 Yang namanya usaha dan kerja keras memang gak pernah mengkhianati hasil yah. Konsep comeback GFRIEND yang berbau drama kali ini bener-bener bisa ngena banget ke emosi penontonnya. Mulai dari kemampuan akting dan ekspresi setiap member GFRIEND, sudut pengambilan gambar (angle-shot), sampai kecocokan suasana dengan musik berhasil membuat setiap adegannya seakan-akan adalah kisah nyata. Four thumbs to Source Music and also my yeodongsaeng, uri GFRIEND! 💓💓💓

Untuk koreografinya, seperti biasa mereka membawakan konsep power innocent. Beberapa hal yang saya lihat cukup berbeda dengan koreografi sebelumnya antara lain:
  • Sowon bener-bener ada di depan, tengah, terpampang nyata (if Buddy knows what I mean... I'm so proud of you, mak!)
  • Lebih bervariatif; banyak bagian koreo yang beda-beda antar member satu sama lain
  • Lebih banyak gerakan tangan daripada lompat atau muter
  • Formasi yang keren banget dari awal sampai ending (perhatikan ada yang beda di posisi koreografi bagian awal dan bagian ending padahal gerakannya sama 😏 Denger-denger ini ada teorinya juga, hahaha)
Daripada penasaran langsung aja lah ya nonton Dance Practice TFTMN:

'Time For The Moon Night' Dance Practice


Album Fisik dan Teman-Temannya


GFRIEND's 6th Mini Album: TIME FOR THE MOON NIGHT (Time Ver.)


GFRIEND merilis 3 versi album sekaligus pada comeback mereka kali ini: Time Version, Moon Version, Night Version. Saya sempet bingung banget mau beli yang versi apa. Awalnya saya nekat pesen 1 set, which is 3 versi sekaligus. Terus pas mikir ulang lagi, mengingat rilisnya mini album GFRIEND kali ini bersamaan dengan masa-masa saya resign dari pekerjaan alias kudu siap dengan kondisi gak punya duit di bulan mendatang, akhirnya saya cancel pesenan saya sebelumnya dan memutuskan untuk hanya membeli yang Time Version. Untuk versi lainnya pasti akan saya cicil beli nanti seiring dengan kondisi ekonomi rumah tangga yang lebih stabil, hahaha 😁

3 versi mini album GFRIEND Time For The Moon Night
Source: @gfriend_indonesia Instagram account

Mini album GFRIEND yang ke-6 ini dikemas dalam bentuk sleeve package. Artinya tempat CD dan photobook-nya jadi satu. Ngga kayak mini album mereka sebelumnya, Rainbow, yang mana tempat CD albumnya menggunakan kotak CD mika tebal dan photobook-nya terpisah.

Mini album GFRIEND 'TFTMN' tampak depan

Tempat CD mini album GFRIEND 'TFTMN' + photobook bagian depan

Untuk photocard saya dapet mak Sowon dan si mbih alias SinB.

Photocard tampak depan


Photocard tampak belakang

Belum selesai sampai disini, di dalem mini albumnya juga ada bonusnya gitu berupa pembatas buku sama tatakan gelas. Sangat fungsional sebenarnya, tapi karena sayang dan takut rusak, jadinya 2 bonus tersebut saya simpen aja di dalem photobook 😂

Bookmark / Pembatas buku


Coaster / Tatakan gelas


Masih belum selesai sampai disini, tim fanbase GFRIEND Indonesia juga ngasih bonus yang gak kalah cute-nya: gantungan kunci TFTMN. Emang ye, fanbase dimana-mana niatnya gak ketulungan 😁👍 Maksimal banget manjain para fans si idol. Udah mah ngurusin pre-order album, ngurusin distribusi, ngurusin pertanyaan fans yang pastinya banyak banget (dari yang penting sampe yang gak penting sampe yang gak sabaran), dan bahkan sampe bikinin keychain juga. Luar biasa lah kalian mah! 👏👏👏 Thank you so much, GFI! 💓💓💓

Keychain / Gantungan kunci
Additional bonus from GFRIEND Indonesian's fanbase: @gfriend_indonesia

Oh iya sebenarnya ada 1 bonus lagi sih. Poster. Berhubung posternya gede dan saya gak tempel (masih tetep atas dasar sayang dan takut rusak, hehe), jadinya gak saya fotoin. Saya dapet poster yang Night Version. Gambarnya yang kayak gini:

Time For The Moon Night official poster - Night Version
Source: Choice Music LA

Kalau mau tau lebih banyak tentang detil isi mini album TFTMN, atau penasaran sama foto-foto mereka kayak gimana di photobook, monggo bisa dibeli langsung albumnya di Korea Selatan sana, hehehe. Bisa via online, atau nitip temen yang lagi ada di sana, atau terbang langsung kesana juga boleh 😁



Musik dan Lagu


Time For The Moon Night's tracklist
Source: @gfriend_indonesia Instagram account

Sesuai dengan konsep comeback-nya, hampir semua lagu GFRIEND yang terdapat di mini album TFTMN diiringi oleh musik orkestra. Mood musik dan lagu yang dihasilkan pun akhirnya memang bernuansa 'dreamy'; seolah-olah para pendengar diajak untuk mengarungi langit malam yang indah bertabur bintang disinari cahaya bulan (aish syedaph! 💗). Selain itu, lagu GFRIEND kali ini juga memiliki nuansa anime. Coba aja dengerin beberapa anime soundtrack terus dibandingin sama musiknya TFTMN. Gak sama persis sih memang, tapi nuansa anime-nya tetep dapet banget. Mungkin karena mereka lagi debut juga di Jepang kali ye, jadi sekalian satu tema gitu.


Saya kembali salut dengan tim kreator musik dan lagu di mini album TFTMN ini. Keren banget semua karya-karyanya! 👏 Nah kalo untuk saya pribadi, paling suka sama lagu:
  • Intro - Daytime (sama kayak dedek mbiih 😁)
  • Time For The Moon Night (밤)
  • Love Bug
  • Flower Garden (휘리휘리) -- menurut saya lagu ini semacam gabungan feel-nya Rough + Navillera. Tetep keren sih tapi 😍
  • Bye
  • You Are My Star (별)
  • Time For The Moon Night - Instrumental (밤)
Lagu mellow-nya yang berjudul Bye aslik bikin galau parah, hahaha. Pas dengerin lagu ini berasa kayak lagi nonton drama Korea. Menurut saya sih lagu Bye cocok dan pantes banget dijadiin backsong draKor pas lagi adegan galau / sedih. Dijamin deh bikin penontonnya pada mewek. Alunan musik orkestranya juga bikin hati tersayat-sayat! Semoga lagu Bye ini beneran dipake di draKor deh. Can't wait!

Ada satu lagu di tracklist-nya TFTMN yang gak begitu saya suka, judulnya Tik Tik (틱틱). Kalo ditanya alesannya kenapa, saya juga gak tau. Namanya juga selera. Suka-suka lah ya, hahaha 😁 Tapi saya tetep dukung GFRIEND kok! 💓

Time For The Moon Night lyric
Source: @gfriend_indonesia Instagram account

Salah satu akun Youtube yang menayangkan MV-MV resmi artis Korea, 1theK, menambahkan terjemahan bahasa Inggris untuk lagu TFTMN ini. Monggo diintip biar bisa kebayang lagu ini nyeritain tentang apa, hehehe.

-----

Trembling stars are shining
Where are you looking?
They look like they will disappear at any moment

Turn on the light, my heart is dark
I feel morose today, too
In your mind I'm not who I feel
When did I lose you?

As I like you the stars rise
I still don't know what to do
Mysterious you in your tone veiled in a mist
The night you come to my mind

Trembling stars are shining
Where are you looking?
They look like they will disappear at any moment
After the time that I've waited, I'll let you go now
No, the night I still want to secretly keep you in my room
At night, night, night I fly to the sky
As time time for the moon night, shall I meet you in my dream

And confess my ardent love? (Shall I?)
I keep calling you through the window
This way I want us to be closer
The night I want to expect it

Trembling stars are shining
Where are you looking?
They look like they will disappear at any moment
After the time that I've waited, I'll let you go now
No, the night I still want to secretly keep you in my room

I'm not sure how you feel to come closer
I'm hesitating but I really
Like you being here
You can't see my mind

I've been crying for days
Where are you going?
I want to follow you right now
After today and the moment I've waited
The night I endlessly went after you
The night I miss you who can't be reached
At night, night, night I fly to the sky
As time time for the moon night, shall I meet you in my dream


-----

Sekian review singkatnya dari Meistaaaaa 😊 Jangan lupa untuk beli album originalnya kalo kepo sama isi mini album dan lagu-lagunya. Yuk kita sama-sama hentikan tindakan pembajakan. Kasian loh GFRIEND dan timnya udah capek bikin karya bagus dan keren banget gini terus dibajak 😓 Kan bisa menghambat revenue dan penghargaan buat mereka. Atau bisa juga kok denger via streaming di beberapa aplikasi pemutar musik resmi. Kalo gak salah udah bisa didenger di Spotify sama Joox deh.

Dukung GFRIEND terus ya, Buddies! 💓 Sampai jumpa di tulisan berikutnya~

김소정! 정예린! 정은비! 최유나! 황은비! 김예원! 여! 자! 친! 구! 💜💙💜
밤하늘! 날아서! 여친을! 보러가! 응원은! 힘차게! 여! 자! 친! 구! 💙💜💙


(P.S.: kalo mau liat unboxing mini album GFRIEND TFTMN bisa intip disini loh ya 😁 hahaha #numpangpromosi 😋)

Comments

Popular posts from this blog

Enggak Mau Main Piano Lagi Selamanya

MUSIM(an) -- Sebuah perspektif dari cewek yang doyan makan

Cara Jatuh Cinta Sama Indonesia

MAKANAN JIWA: Kasih yang (Tidak) Terbatas

Apakah Relasi dengan Sesama Bisa Menjadi Berhala?

7 Tipe Penumpang Gerbong Pertama dan Terakhir

Suasana Hati Seperti Langit: Mendung

"Rejection" vs "Reflection" - Belajar Dari Lagu MULAN