Lebih Dari Kain Kering Bekas

Photo by Jason Leung on Unsplash


(Tulisan ini telah tayang pertama kali di situs WARUNGSATEKAMU.ORG dan telah melewati proses penyuntingan oleh tim editorial)

---

Rabu, 1 Januari 2020

Pagi itu, sekitar jam setengah lima, aku dan keluarga cukup panik saat mengetahui genangan air banjir mulai memasuki rumah. Sambil memindahkan beberapa barang ke tempat yang lebih tinggi, aku masih terus berharap dan berdoa hujan deras bisa segera reda supaya genangan air tidak makin naik. Namun alam sepertinya berkata lain. Hujan tak kunjung reda, tetap deras, dan air di dalam rumah naik perlahan-lahan, menyebabkan bencana banjir Jakarta dan wilayah sekitarnya kembali terjadi di awal tahun 2020.

Dalam kebingungan dan ketakutanku, pertanyaan yang kulontarkan pada Tuhan dalam doa adalah: "Tuhan, ini aku harus ngapain lagiiiii?". Akhirnya aku beranikan diri mengambil keputusan.

"Pa, ini hujannya enggak berhenti. Airnya makin tinggi. Apa enggak sebaiknya kita keluar dulu aja?"

Papa mamaku setuju. Kami masukkan beberapa baju dan makanan kering seadanya secara cepat ke dalam tas, lalu berjalan perlahan-lahan ke luar rumah. Saat itu kondisi banjir di dalam rumah sudah mencapai tinggi di atas lutut. Mama dan adikku berjalan bersama di bawah payung--karena saat itu hujan masih turun dengan sangat deras--sedangkan aku dan papa melakukan pemeriksaan terakhir sebelum meninggalkan rumah, mulai dari mengunci pintu hingga mematikan arus listrik utama. Karena belum menentukan tujuan, kami berempat memutuskan untuk berteduh sebentar di area berkanopi depan komplek yang memang lokasinya lebih tinggi sehingga tidak terdampak banjir.

Singkat cerita, kami akhirnya mengungsi ke kontrakan tanteku yang lokasinya satu komplek dengan kami namun lokasinya lebih tinggi. Kontrakan yang ditinggali tanteku berada di lantai 2, sehingga kami bisa aman sementara di sana. Dari tempat tersebut aku bisa melihat ke area lapangan belakang kontrakan. Biasanya aku melihat beberapa ekor rusa yang berjalan, berlarian, ataupun sedang makan dedaunan dari semak-semak. Namun saat itu, yang kulihat hanyalah genangan air layaknya sungai beserta tetesan air hujan yang masih sangat deras. Aku memikirkan kemana rusa-rusa itu pergi? Aku juga memikirkan apa yang akan terjadi dengan rumahku? Waktu sudah menunjukkan pukul setengah tujuh pagi dan belum ada tanda-tanda hujan memperlambat derasnya. Akhirnya aku memilih tidur karena tidak tahu bisa melakukan apa lagi.

Aku terbangun pukul delapan pagi dan langsung melihat ke luar. Hujan sudah agak reda namun masih terus turun. Mungkin ini yang biasa disebut sebagai 'hujan awet'. Saat itu aku tidak bisa mendefinisikan emosiku; perasaan yang campur aduk antara cemas, panik, takut, sedih, tapi di saat yang sama tetap berusaha berpikir jernih supaya bisa tahu apa yang harus dilakukan. Aku hanya bisa menunggu melewati waktu yang terus berjalan. Ketika sedang melamun, tanteku membuatkan sarapan dan aku sangat bersyukur dalam kondisi tersebut aku masih bisa menikmati berkat Tuhan berupa makanan. Sambil menikmati sarapan, aku mendengar kabar dari ayah bahwa ternyata komplek kami kebagian banjir kiriman dari komplek sebelah. Dinding perbatasan yang memisahkan antar komplek entah mengapa jebol--hingga kini pun aku masih belum mengetahui alasan jebolnya kenapa; apakah perbuatan sengaja tangan manusia yang jahil, atau memang ada kerusakan yang belum sempat diperbaiki. Ayahku juga mengatakan bahwa air banjir di komplek semakin tinggi. Ketika mendengar berita ini jujur aku mati rasa. Tidak tahu apakah harus makin sedih, atau makin takut, yang aku ketahui saat itu adalah aku sedang sarapan dan aku harus menghabiskannya.

Sekitar jam dua belas, ayah menyampaikan informasi bahwa sepupunya--yang adalah pamanku--meminta kami untuk mengungsi ke rumahnya yang ada di Tanjung Priok. Kondisi di sana ternyata aman dari banjir. Setelah berdiskusi dan mempertimbangkan banyak hal, akhirnya kami menyetujuinya. Sebelum kami berangkat, aku dan ayah sekali lagi pulang ke rumah untuk mengambil berkas-berkas pendidikan aku dan adik untuk diselamatkan sementara ke kontrakan tanteku. Ketika sampai di rumah, tinggi airnya sudah mencapai dadaku, itupun berdirinya sambil jinjit. Aku sudah 'tutup mata' dengan kondisi tersebut dan hanya fokus pada tujuan utama. Aku tidak bisa menangis lagi melihat pianoku yang posisinya sudah miring dan speaker-nya nyelup ke dalam air, TV yang sudah nyebur, kulkas yang mengapung, dan entah harta benda apa lagi yang aku sudah tidak mau lihat kondisinya. Sebelum keluar rumah, aku sempat berkata dalam hati sambil mengelus dinding:

"Baik-baik ya, rumah. Nanti kita bersihin kamu."

Singkat cerita, kami akhirnya menempuh perjalanan ke salah satu tempat di area Senayan untuk janjian dengan pamanku yang akan mengantar kami ke Tanjung Priok. Kami pergi menggunakan mobil online--ini sungguh pertolongan Tuhan juga karena masih ada bapak driver yang mau mengambil orderan kami. Padahal kondisi jalanan Jakarta banyak yang putus akibat banjir. Beliau mau dan rela mengantar kami, si pengungsi yang belum mandi dari pagi dan kebanjiran, sambil memutar-mutar Jakarta mencari jalan yang bisa ditembus ke arah tujuan. Syukur kepadad Tuhan, kami sampai dengan selamat di tempat bertemu, kemudian pamanku mengantarkan kami ke rumahnya, dan tiba juga dengan selamat di Tanjung Priok sekitar pukul enam sore.

Kain Kering Bekas

Photo by Mel Poole on Unsplash


Di malam kedua menginap, kami berdiskusi tentang langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Setelah mengetahui dari tetangga bahwa banjir di komplek sudah surut, aku dan ayah memutuskan untuk pulang ke rumah duluan di hari Jumat pagi untuk menyicil bersih-bersih rumah. Aku sudah membuat daftar perencanaan, mulai dari alat-alat kebersihan apa saja yang harus dibeli, hingga urutan pekerjaan yang harus dilakukan nanti sesampainya di rumah. Lalu tiba-tiba terbesit suatu hal di dalam benakku: aku butuh kain kering bekas untuk setidaknya mengeringkan kaki dan tangan kami yang pastinya akan selalu basah saat bersih-bersih nanti. Namun aku tidak tahu bisa mendapatkannya di mana. Kemudian aku mencoba iseng mengunggah status di Instagram Story bahwa aku membutuhkan kain kering bekas. Jujur, aku tidak terlalu berharap banyak. Aku bukan tipe yang senang meminta pertolongan dari orang lain. Malah kalau bisa, aku harus berjuang sendiri menyelesaikan masalah hidupku. Aku tidak mau merepotkan orang lain atau melibatkan mereka di dalamnya. Namun, kali ini Tuhan lagi-lagi sedang mengajari aku sesuatu.

Aku sungguh tidak menyangka bahwa apa yang kudapat melebihi harapanku. Pertolongan dalam berbagai bentuk mulai berdatangan; mulai dari kain kering bekas yang aku minta, kiriman makanan dan minuman, alat-alat kebersihan, alas tidur beserta bantal, dan masih banyak lagi bantuan lainnya yang tidak bisa kujelaskan satu-satu. Bahkan beberapa teman-temanku sampai ada yang datang membantu membersihkan rumah. Sungguh pertolongan-pertolongan yang sangat mengejutkanku. Padahal yang aku minta di awal hanyalah kain kering bekas, tapi Tuhan berikan jauh lebih banyak dari itu. Rumahku bersih dalam waktu 2 hari, waktu yang lebih cepat dibandingkan ketika kami mengalami banjir bersar yang sama di tahun 2007 silam.

Hal yang menjadi perenunganku dari peristiwa ini adalah bahwa pertolongan Tuhan selalu tepat waktu, dan Ia mampu memberikan lebih dari yang kita mau. Aku tidak menyesal sama sekali telah meminta tolong lewat status Instagram Story tersebut, meski sempat dilanda rasa gengsi dan takut tidak ada yang mau menolongku. Aku menyadari bahwa rasa gengsi ini berakar dari perasaan tidak ingin dikasihani. Karena kalau dikasihani, harga diriku rasanya jatuh. Tadinya aku lebih memilih untuk menyelesaikan berbagai masalahku sendirian, termasuk dalam penanggulangan serta pemulihan dari bencana. Inilah yang kadang menghambatku dalam hal mencari pertolongan. Namun syukur kepada Tuhan dari bencana banjir ini aku belajar bahwa meminta pertolongan adalah hal yang baik untuk dilakukan, dan tidak perlu dikaitkan dengan harga diri atau takut ditolak. Aku percaya kok jika pun aku tidak meng-update status tersebut, anugerah pertolongan Tuhan tetap tersedia. Namun aku sadar saat itu aku tengah dilatih dan diajari sesuatu yang baru oleh-Nya, yang sungguh mengubah pandanganku terkait meminta pertolongan.

Aku belajar bahwa sukacita tidak ditentukan oleh kondisi atau keadaan yang kita kehendaki. Seperti yang pernah aku tuliskan dalam tulisanku sebelumnya, bahwa sukacita identik dengan rasa syukur dan rasa cukup, meski apa yang dialami tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan dan inginkan. Tentu, aku pun tidak ingin kena banjir lagi. Hingga saat ini, kami sekeluarga tetap berupaya sedikit demi sedikit meminimalisir risiko banjir dengan cara melakukan beberapa perbaikan di rumah yang disesuaikan dengan kondisi ekonomi aku dan ayah. Namun di saat yang sama, kami juga mau percaya kalau pertolongan Tuhan akan selalu ada.

Aku tidak tahu bencana apa yang pernah atau sedang dialami teman-teman saat ini. Terdampak COVID-19, sakit, kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang dikasihi, kondisi ekonomi yang memburuk, atau apapun itu, tapi aku harap kita bisa sama-sama belajar percaya bahwa Tuhan akan selalu menolong kita. Mungkin dengan cara yang tidak sama dengan yang kita mau. Mungkin dengan waktu yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Tak lupa, sukacita itu pun juga tersedia meski kita dilanda penderitaan. Apakah percaya pada Tuhan itu susah? Karena keberdosaan kita: iya, tapi kepercayaan itu bisa dilatih kalau kita mau dan memberi diri ditolong Tuhan.

To GOD be the glory!

---

Terima kasih sudah membaca sampai siniiii 🌈

Oh iyaaa, bisa baca juga nih tulisan-tulisan aku yang lain yang pernah aku kirim ke WSK πŸ˜‰:






Comments

Popular posts from this blog

Enggak Mau Main Piano Lagi Selamanya

MUSIM(an) -- Sebuah perspektif dari cewek yang doyan makan

Cara Jatuh Cinta Sama Indonesia

MAKANAN JIWA: Kasih yang (Tidak) Terbatas

Apakah Relasi dengan Sesama Bisa Menjadi Berhala?

7 Tipe Penumpang Gerbong Pertama dan Terakhir

Suasana Hati Seperti Langit: Mendung

"Rejection" vs "Reflection" - Belajar Dari Lagu MULAN